Desain grafis
Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi
visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan
seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena
merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Desain grafis
diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya,
desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk
yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain).
Seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif
dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi,
pengolahan gambar, dan tata letak.
Batasan Media
Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk
media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan,
sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media
elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain
multimedia. Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran
tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan
yang mencakup pengolahan ruang.
Prinsip dan Unsur Desain
Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar
dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk
(form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar
desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme
(rhythm), tekanan (emphasis), proporsi ("proportion") dan kesatuan
(unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.
Daftar Beberapa Software Desain Grafis
Ada beberapa software yang digunakan dalam
desain grafis:
1.Desktop
Publishing
Adobe Photoshop
Adobe Illustrator
Adobe Indesign
Coreldraw
GIMP
Inkscape
Macromedia Freehand
2.Webdesign
Macromedia Dreamweaver
Microsoft Frontpage
NotepadAnimasi
Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar atau objek yang dimaksud dalam definisi di atas bisa berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan. Pada proses pembuatannyam sang pembuat animasi atau yang lebih dikenal dengan animator harus menggunakan logika berfikir untuk menentukan alur gerak suatu objek dari keadaan awal hingga keadaan akhir objek tersebut. Perencanaan yang matang dalam perumusan alur gerak berdasarkan logika yang tepat akan menghasilkan animasi yang menarik untuk disaksikan.
Berikut ini beberapa jenis – jenis animasi
yang banyak di gunakan dalam industri hiburan:
1. Animasi Sel (Cell Animation)
Kata “cell” berasal dari kata “celluloid”,
yang merupakan material yang digunakan untuk membuat film gambar bergerak pada
saat awal. Sekarang, material film dibuat dari asetat (acetate), bukan
celluloid. Potongan animasi dibuat pada sebuah potongan asetat atau sel (cell).
Sel animasi biasanya merupakan lembaran-lembaran yang membentuk sebuah frame
animasi tunggal. Sel animasi merupakan sel yang terpisah dari lembaran latar
belakang dan sebuah sel untuk masing-masing obyek yang bergerak secara mandiri
di atas latar belakang. Lembaran-lembaran ini memungkinkan animator untuk
memisahkan dan menggambar kembali bagian-bagian gambar yang berubah antara
frame yang berurutan. Sebuah frame terdiri dari sel latar belakang dan sel di
atasnya. Misalnya seorang animator ingin membuat karakter yang berjalan,
pertama-tama dia menggambar lembaran latar belakang, kemudian membuat karakter
akan berjalan pada lembaran berikutnya, selanjutnya membuat membuat karakter
ketika kaki diangkat dan akhirnya membuat karakter kaki dilangkahkan. Di antara
lembaran-lembaran (frame-frame) dapat disipi efek animasi agar karakter
berjalan itu mulus. Frame-frame yang digunakan untuk menyisipi celah-celah
tersebut disebut keyframe. Selain dengan keyframe proses dan terminology
animasi sel dengan layering dan tweening dapat dibuat dengan animasi computer.
Berikut adalah Contoh Gambar Animasi sel.
Berikut adalah Contoh Gambar Animasi sel.
2. Animasi Frame (Bingkai Animasi)
Animasi bingkai adalah bentuk animasi Yang
Sederhana memucat. Diupamakan Andari mempunyai sebuah Buku bergambar Yang
Berseri di Tepi Auditan berurutan. Bila jempol Andari membuka Buku Artikel Baru
CEPAT, Maka GAMBAR kelihatan Bergerak. PADA Komputer multimedia, animasi Buku
nihil menampilkan sebuah GAMBAR Yang berurutan secara CEPAT. Antara GAMBAR Satu
(frame satu) Artikel Baru GAMBAR lain (bingkai Lain) berbeda. Kalau kitd
bayangkan bagaimana Film ATB ITU diputar di Bioskop, Maka dapat kitd pahami
bagaimana Cara Koperasi Karyawan Bhakti Samudera frame animasi secara lebih
BAIK Dalam, sebuah film, serangkaian bingkai Bergerak melalui proyektor Film Artikel
Baru kecepatan sekitar 24 frame per Detik. Kita Bisa menangkap adanya Gerak di
Layar karena setiap bingkai mengandung Satu GAMBAR Yang tampil PADA Layar
begitu bingkai Yang bersangkutan Muncul. Mengapa 24 frame per Detik? Karena
kecepatan ITU merupakan Ambang Batas, kurang bahasa Dari ITU Maka Yang Akan
kitd lihat di Layar adalah GAMBAR Yang Kabur.
Berikut adalah contoh gambar animasi frame .
Berikut adalah contoh gambar animasi frame .
3. Animasi Path ( Path Animasi)
Animasi path adalah animasi dari objek yang gerakannya
mengikuti garis lintasan yang sudah ditentukan. Contoh animasi jenis ini adalah
animasi kereta api yang bergerak mengikuti lintasan rel. Biasanya dalam animasi
path diberi perulangan animasi, sehingga animasi terus berulang hingga mencapai
kondisi tertentu. Dalam Macromedia Flash, animasi jenis ini didapatkan dengan
teknik animasi path, teknik ini menggunakan layer tersendiri yang didefinisikan
sebagai lintasan gerakan objek.
Contoh Aplikasi Animasi:
Easy GIF Animator 5 pro
Alligator Flash Designer
Flash CS4
CoffeeCup GIF Animator
Ulead GIF Animator 5
Corner-A ArtStudio
3D Studio Max
Macromedia Director
PIXEL
Suatu gambar yang ada di dalam komputer
sesungguhnya adalah kumpulan dari ribuan titik yang sangat kecil dan tiap-tiap
titik tersebut memiliki warna tertentu. Titik-titik itulah yang disebut pixel. Setiap pixel mempunyai satu warna dan
bergabung dengan pixel–pixel lainnya sehingga membentuk
suatu pola dan menghasilkan gambar.
RESOLUSI
Jumlah pixel per
daerahnya disebut dengan resolusi. Resolusi itulah yang menentukan
kualitas dari gambar. Jika suatu gambar diperbesar, maka resolusi gambar akan menjadi kecil
dan gambar menjadi tidak tajam. Semakin tinggi resolusi gambar, maka akan semakin
tinggi kemampuan perbesarannya.
Garis
Garis adalah komponen pembentuk bangun
datar dan bangun ruang. dalam matematika, garis dilambangkan dengan ().
Garis selalu digambarkan sebagai garis lurus yang kedua ujungnya memiliki anak
panah.
Contoh :
Garis AB ditulis
Sifat – sifat garis :
1. Jika diketahui kedua titik sembarang
dalam ruang, maka melalui titik itu dapat dibuat satu garis.
2. Suatu garis dapat diperpanjang secara
tak terbatas dikedua arahnya.
3. Suatu garis mungkin mempunyai banyak
nama .
Unsur pembentuk garis adalah ruas garis. Ruas
garis merupakan jajaran ruas garis yang saling menyambung membentuk garis. Ruas
garis adalah garis yang dibatasi dua buah titik. Ruas garis dilambangkan dengan
garis lurus tanpa panah (⎯).
Kurva
Kurva adalah garis dan ruas garis yang
membentuk kurva – kurva sederhana. Kurva dapat digambarkan dengan bermacam –
macam bentuk, bentuknya bisa teratur bisa juga tidak teratur. Dikenal 4 macam
kurva yaitu :
1. Kurva tertutup sederhana
2. Kurva tidak tertutup sederhana
3. Kurva tertutup tidak sederhana
4. Kurva tidak tertutup tidak sederhana
Hue
Hue warna gamblangnya adalah identitas sebuah warna. Gunanya untuk membedakan
antar warna. Agar identifikasi unik setiap warna bisa dikenali dengan jelas.
Misalnya pigmen yang terdapat pada buah alpokat, berbeda dengan pigmen yang ada
pada buah jeruk. Maka masing-masing, perlu disematkan sebuah nama unik.
Misalnya hijau alpokat dan orange jeruk. Maka kedua nama ini, hanya milik dari
kedua unsur atau pigmen yang terkandung pada kedua buah ini. Tidak ada pada
pigmen lain. Nah begitu juga dengan unsur-unsur warna pada pigmen lain. Masing-masing,
punya identitasnya sendiri. Punya nama uniknya masing-masing yang tidak bisa
saling bertukar. Contohnya warna merah, kuning, biru dan seterusnya. Semua ini
disebut dengan hue warna.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar